Home » , » Indonesia Leaderhsip Camp dan Nusantara Leadership Camp 2015

Indonesia Leaderhsip Camp dan Nusantara Leadership Camp 2015

Written By Unknown on Senin, 17 Agustus 2015 | 00.49


Sejarah mencatat bahwa bangsa Melayu (Nusantara) sejak dahulu adalah bangsa yang satu. Bangsa ini terbentang dari Indonesia, Malaysia, Bruinei Darussalam, Singapira, hingga Thailand dan Filipina. Hanya saja konsep negara-bangsa, yang banyak dianut hari ini, telah menggerus semangat kebersamaan tersebut, padahal kesamaan etnik bangsa ini adalah potensi besar yang dimiliki oleh Nusantara untuk menjadikan ia sebagai pemimpin Asia.
Dengan tantangan dan potensi yang dimiliki oleh Nusantara maka tidak dapat dipungkiri bahwa negara-negara Nusantara ini membutuhkan para pemimpin muda masa depan yang memiliki kualitas dan wawasan global tanpa harus meninggalkan jati diri khas Nusantara. Untuk itu, diperlukan sinergi dan komitmen yang kuat dari semua elemen bangsa-bangsa di Nusantara dalam melahirkan pemimpin masa depan yang disiapkan secara terprogram dan berkelanjutan melalui pembinaan yang komprehensif.
Menjawab tantangan tersebut, Institute of Leadership Development Universitas Indonesia bekerjasama dengan Menteri luar Negri RI, Duta besar Kerajaan Malaysia dan Asean  Secretary.Dengan mempersembahkan:

NUSANTARA LEADERSHIP CAMP 2015 (NLC 2015)

Nusantara Leadership Camp (NLC)3 2015 merupakan program dari Institute of Leadership Development Universitas Indonesia (iLeaD-UI) yang berskala internasional. Ini adalah NLC ketiga, sebelumnya diselenggarakan pada Agustus 2014, yang diharapkan dapat mengoptimalkan serta mengakselerasi potensi bibit-bibit unggul muda Nusantara yang memiliki beragam latar belakang, peminatan, dan keahlian.
Program ini diharapkan dapat menjadi tools bagi para pemimpin muda Nusantara yang memiliki kemampuan dan wawasan yang luas dan komprehensif untuk menjawab berbagai tantangan nasional maupun global.

Indonesia Leadership Camp (ILC) 2014 merupakan program yang berskala nasional yang ditujukan untuk mengoptimalkan dan mengakselerasi potensi bibit-bibit unggul muda Indonesia yang memiliki beragam latar belakang, peminatan, dan keahlian. Program ini diharapkan dapat menjadi tools bagi para pemimpin muda Indonesia yang memiliki kemampuan dan wawasan yang luas dan komprehensif untuk menjawab berbagai tantangan nasional maupun global.

Program Indonesia Leaderhsip Camp dan Nusantara Leadership Camp

Program Indonesia Leaderhsip Camp
Berikut adalah program-program Indonesia Leadership Camp 2015  yang akan berlangsung pada Agustus-September 2015 di Universitas Indonesia, Depok.
1. Training Leadership Development
Acara ini merupakan salah satu bagian dari Indonesia Leadership Camp yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan juga bekal hal-hal yang prinsipiil untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni bagi setiap peserta ILC-NLC 2015.
Pembicara: Dr. Arief Munandar
2. Seminar Kepemimpinan Nusantara
Acara ini meruapakan salah satu bagian dari rangkaian acara Indonesia Leadership Camp yang bertujuan untuk memberikan bekal dan pengantar kepada seluruh peserta ILC-NLC tentang aspek-aspek dan skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Pemimpin Generasi Muda Nusantara.
Pembicara: Dr. Kamarudin
3. Persiapan Persembahan Budaya Daerah
Acara ini merupakan salah satu rangkaian Indonesia Leaderhsip Camp yang menjadi wadah setiap peserta untuk menampilkan persembahan budaya daerah yang telah dipersiapkan yang akan ditampilkan saat acara Nusantara Leadership Camp di Brunei Darussalam.
4. Team Building Peserta ILC-NLC
Acara ini merupakan rangkaian acara yang menjadi wadah untuk mempersatukan dan mempererat hubungan antar peserta ILC-NLC yang bertujuan untuk mengakrabkan para peserta dari Indonesia agar dapat kompak selama pelaksanaan Nusantara Leadership Camp di Brunei Darussalam.



Program Nusantara Leaderhsip Camp
Berikut adalah program-program Nusantara Leadership Camp 2015 yang akan berlangsung pada  Agustus-September 2015 di Brunei Darussalam.
1. Majlis Perasmian
Acara ini merupakan acara perasmian pembukaan Nusantara Leadership Camp 2015.
a. Perdana Menteri Brunei Darussalam
b. Menteri Kebudayaan, Belia, dan Sukan Brunei Darussalam
c. Direktur Komunikasi Perdana Menteri Brunei Darussalam
d. Direktur Eksekutif iLeaD-UI
e. Duta Besar Indonesia Untuk Brunei Darussalam
f. Pengarah Nusantara Leadership Camp 2015

II. ASPEK SOLIDARITAS DAN KEUSAHAWANAN SOSIAL

Wacana 1 : Regenarasi Pemimpin Nusantara
Dialog dan perbahasan tentang sejarah, pandangan, cabaran dan situasi terkini Nusantara. Peserta diharapkan dapat memahami persamaan dan perbezaan pandangan tentang konsep Nusantara.
Panelis : Wakil Malaysia - Masih Konf..Mohamad Ezam Nor, Wakil Indonesia – Dr. Kamarudin, Wakil Brunei – akan ditetapkan
Wacana 2 : Potensi Pasaran Nusantara
Seminar berkenaan dengan potensi pemimpin muda nusantara dalam pelbagai bidang juga membicarakan tentang mewujudkan lebih banyak peluang dan potensi baru dalam menjana ekonomi serantau.
Panelis : Wakil Malaysia -  Masih konf..Datuk Ahmad bin Maslan, Wakil Indonesia –
Dr. Shofwan Albanna Choiruzzad, Wakil Singapura – akan ditetapkan
Wacana 3 : Refleksi Pembangunan Sahsiah dari Aspek Emosi dan Spiritual
Acara ini merupakan program pembangunan karakter kepimpinan dengan menyentuh lingkungan kecerdasan emosi dan spiritual yang dibantu selia oleh tenaga pelatih professional ESQ. Usaha ini adalah untuk menjadikan pegangan asas yang benar sebagai dasar pembinaan karakter kepemimpinan.
Panelis : Wakil Indonesia,  Masih Konf..Penceramah ESQ – Dr. (Ch) Ary Ginajar dan Arif Rahman Saleh
Wacana 4 : Gerakan Belia dalam Menghadapi Cabaran Nasional dan Global Kini
Pada acara ini peserta bersama para tokoh di bidang Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, akan berdikusi bersama agar peserta peka terhadap permasalahan disekitarnya yang memerlukan tindakan fizikal dari seorang pemimpin. Topik yang akan diangkat adalah isu-isu nasional dan global yang sedang dihadapi Nusantara saat ini, solusi apa yang ditawarkan oleh peserta sebagai pemimpin muda, dan kontribusi seperti yang boleh dilakukan untuk merealisasikan solusi tersebut.
Panelis: Wakil Malaysia – akan ditetapkan, Wakil Indonesia –Ridwan Kamil, Wakil Thailand – akan ditetapkan
Wacana 5 : Potensi Gerakan Keusahawanan Sosial
Membicarakan tentang potensi gerakan keusahawanan sosial dalam membangun masyarakat dan menjana ekonomi serantau. Juga memberi pendedahan tentang cara perlaksanaan tepat program keusahawanan sosial.
Panelis : Wakil Malaysia – akan ditetapkan, Wakil Indonesia – Chairul Anhar/ Prof. Misri Gozan, Wakil Brunei – akan ditetapkan
Pembentangan Proposal Projek Keusahawanan Sosial
Dalam segmen ini, semua kumpulan diminta untuk membentang proposal serta 5 proposal terbaik akan dipilih dan modal permulaan akan ditaja oleh kerajaan Malaysia.
JURI : Wakil Malaysia – Masih konf..En. Azrul, En. Amirul, Wakil Indonesia – Pipin Sopian, IMRI/ Dr. Heru Susetyo, Wakil Filipina – akan ditetapkan
  1. ASPEK PRAKTIKAL MEDIA SOSIAL DAN PENULISAN
Bengkel Media Sosial 1: Sesi bersama YB Menteri Menteri Kebudayaan, Belia, dan Sukan Brunei Darussalam
Acara ini merupakan sesi khas untuk peserta menjalani bengkel mengenai media sosial secara terus dengan Menteri yang bertanggungjawab mengenai portfolio ini.
Bengkel Media Sosial 1: Sesi bersama Menteri Komunikasi RI Masih konfirmasi.
Acara ini merupakan sesi khas untuk peserta menjalani bengkel mengenai media sosial secara terus dengan Menteri yang bertanggungjawab mengenai portfolio ini.
Bengkel Penulisan : The Power of Writing for Leaders
Acara ini mengkaji tentang kekuatan menulis bagi pemimpin. Di dalam sesi ini akan dijelaskan tentang pentingnya menulis bagi para pemimpin, perbedaan pemimpin yang menulis dan yang tidak menulis, bagaimana memulai dan membiasakan menulis, tips menulis efektif, dan kedisiplinan dalam menulis.
Bersama Habiburohman El Syiraji (Penulis dan Sutradara Buku Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih)
  1. ASPEK PENGETAHUAN DAN KEPEMIMPINAN
Field Trip “Learning from the Giant”
Acara ini merupakan acara kunjungan Didaerah Perdana Menteri Brunei Darussalam masih konfirmasi.
Sesi bersama Pembicara masih Konfirmasi
Outbond Series masih konfirmasi
Acara ini merupakan latihan dasar kepemimpinan  dalam bentuk permainan-permainan luar yang sarat dengan nilai-nilai kepemimpinan seperti disiplin, kejujuran, keaktifan, dan kreativiti, serta semangat berpasukan. Selain itu, acara ini juga membantu dalam pembentukan jati diri peserta.
Khidmat Masyarakat
Acara ini bertujuan untuk membawa skil kepimpinan peserta ke bentuk praktikal selain daripada memupuk kerjasama dan memberi khidmat masyarakat kepada penduduk kampung.
Tayangan Filem masih konfirmasi
Acara ini bagi memberi pengetahuan kepada peserta mengenai sejarah Brunei Darussalam dan juga mengambil iktibar serta pengajaran melalui penghayatan filem dan juga kupasannya.
Bedah Filem masih konfirmasi
Acara ini merupakan kesinambungan kepada tayangan filem bagi mengupas aspek-aspek dan elemen-elemen penting dalam filem tersebut. Ini bertujuan untuk memberi pemahaman yang lebih jelas kepada peserta.
Panelis : Wakil Malaysia – , Wakil Indonesia – Dr. Yon Machmudi
  1. ASPEK KEBUDAYAAN
Persembahan Kebudayaan Brunei Darussalam
Acara ini bertujuan untuk memberi pendedahan kepada peserta mengenai warisan kebudayaan yang terdapat di Brunei Darussalam dan dipersembahkan oleh Kumpulan Penjemputan acara.
Persembahan Kebudayaan Peserta
Acara ini bertujuan untuk memberi pendedahan kepada peserta mengenai warisan kebudayaan yang terdapat di nusantara selain daripada memberi ruang kepada peserta untuk mempersembahkan bakat mereka dalam aspek kebudayaan.
  1. RESOLUSI DAN PENUTUP
Deklarasi Anak Muda Nusantara 2015 (DAMN2015)
Deklarasi ini merupakan ikrar pemimpin muda nusantara yang ingin dicapai dalam usaha melestarikan potensi kepemimpinan sejagat meliputi hal-hal ekonomi, politik, pembangunan social.
Majlis Penutup Nusantara Leadership Camp 2015
Acara ini merupakan Trademark Nusantara Leadership Camp yang akan melakukan ramah tamah dengan tokoh pemimpin Nusantara yang tidak hanya menyandang nama besar, tetapi juga memiliki kontribusi besar bagi bangsa dan negara. Acara yang akan diisi dengan sesi apresiasi peserta terbaik, presentasi Social Enterpreneurship Projek terbaik, dan sesi apresiasi lainnya. Di akhir acara ini akan ada penutupan secara simbolik.
Penceramah :
Prof. Jimly Asshiddiqqie (Indonesia)
Wakil Malaysia
Wakil Brunei Darusalam
Wakil Thailand
Wakil Singapura

KUNJUNGI SITUSNYA ===>>>>http://ildp.ui.ac.id/index.php/ilc


0 komentar:

Bantu Like Dong Sobat... ^_^
×

Portal Universitas Riau





Bagi yang lupa pasword dan tidak bisa login, Minta password baru Ke Bag. Akademis Di Fakultas masing-masing.